Senin, 02 Agustus 2010

Ajarkan Si Kecil Bersih-Bersih


Jakarta - Mengajarkan anak arti pentingnya menjaga kebersihan dan merawat diri hukumnya wajib bagi pertumbuhan Anak. Jika diajarkan sejak dini, anak akan terbiasa menjaga lingkungannya agar tetap bersih dan kesehatannya pun akan terjaga.

Untuk hal ini, orang tua harus menjadi contoh dengan mengajarkannya hal-hal yang mudah dilakukan.

Beberapa cara membiasakan anak untuk hidup bersih, yakni :

1. Sebelum orangtua memberikan pengertian tentang kebersihan, terlebih dahulu orangtua memberikan contoh untuk selalu bersih dan selalu memberikan si kecil fasilitas yang bersih. Hindari untuk mengajarkan anak jajan makanan yang diragukan kebersihannya.



2. Ajarkan anak untuk selalu membuang sampah ke tempatnya, baik sampah besar atau sampah kecil sekalipun seperti bungkus permen. Selalu sediakan kantung plastik di ransel anak untuk menjadi penampungan sementara sampahnya saat berpergian.

3. Biasakan budaya mencuci tangan pada keluarga Anda. Terutama, cuci tangan setelah beraktifitas berat dan sebelum makan.

4. Di kamar mandi, ajarkan anak Anda untuk menyingkirkan barang-barang yang tidak berguna. Seperti botol sabun atau shampo yang sudah habis. Biasakan anak untuk tidak menggantung handuk di balik pintu kamar mandi karena akan membuat handuk lembab dan rentan bakteri.

5. Kamar tidur adalah bagian yang penting harus bersih. Jangan bosan-bosan memberitahu anak Anda untuk tidak menyimpan barang atau perabotan di bawah tempat tidur agar terhindar dari terbentuknya sarang nyamuk.

6. Biasakan anak untuk menyikat gigi dengan tepat paling sedikit dua kali sehari, setiap akan mandi dan akan tidur.


Sumber : WOLIPOP

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda...